Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) 1
=Silakan Tulis dan Kerjakan di Buku Latihan IPA=
#Pengumpulan Tugas pada Tanggal 24 Agustus 2020 di kantor SMPN 5 Kusan Hilir#
A. Tujuan
Setelah melakukan serangkaian kegiatan pengamatan dan literasi, peserta didik dapat:
Menjelaskan pengertian pengukuran
Menerapkan konsep pengukuran dalam kehidupan sehari – hari
Menentukan hal yang dapat diukur (besaran) dan tidak dapat diukur (bukan besaran) melalui kegiatan praktikum secara benar.
Mempraktikkan pengukuran dengan satuan tidak baku
B. Alat dan Bahan
Jengkal tangan orang pertama (diri sendiri) dan jengkal tangan orang kedua (orang yang ada di rumah)
Kasur yang ada di rumah
Mistar 30 cm
C. Langkah Kerja Pengamatan
Mengukur panjang dan lebar kasur dengan jengkal tangan orang pertama (diri sendiri).
Mencatat hasil pengukuran pada tabel data hasil percobaan yang sudah disiapkan.
Menguangi langkah 1-2 menggunakan jengkal tangan orang kedua (orang yang ada di rumah).
Mengukur panjang dan lebar kasur dengan menggunakan mistar 30 cm yang dilakukan orang pertama (diri sendiri)
Mencatat hasil pengukuran pada tabel data hasil percobaan.
Mengulangi langkah 4-5 dilakukan oleh orang kedua (orang yang ada di rumah).
D. Analisis Hasil Pengamatan
- Apakah terdapat perbedaan hasil ukur antara menggunakan jengkal orang pertama dan menggunakan orang kedua? Mengapa hal itu bisa terjadi? .................................................................................................................................... .................................................................................................................................... .................................................................................................................................... .................................................................................................................................... ....................................................................................................................................
- Apa yang akan terjadi apabila kita menggunakan satuan jengkal untuk mengukur panjang berbagai benda? .................................................................................................................................... .................................................................................................................................... .................................................................................................................................... .................................................................................................................................... ....................................................................................................................................
- Bandingkan hasil pengukuran panjang dan lebar kasur menggunakan mistar 30 cm yang dilakukan oleh dua orang yang berbeda. Berilah alasan berdasarkan hasil pengukuran yang kalian peroleh! .................................................................................................................................... .................................................................................................................................... .................................................................................................................................... .................................................................................................................................... ....................................................................................................................................
- Berdasarkan hasil percobaan yang dilakukan kelompokmu, satuan manakah yang lebih tepat digunakan dalam pengukuran? Mengapa? .................................................................................................................................... .................................................................................................................................... .................................................................................................................................... .................................................................................................................................... ....................................................................................................................................
- Berdasarkan kegiatan percobaan dan literasi yang dilakukan kelompokmu, jelaskan mengenai satuan baku dan tidak baku serta sebutkan masing-masing tiga contohnya! .................................................................................................................................. .................................................................................................................................... .................................................................................................................................... .................................................................................................................................... ....................................................................................................................................
- Berdasarkan hasil literasi dan diskusi kelompokmu, apakah pengertian pengukuran itu? .................................................................................................................................... .................................................................................................................................... .................................................................................................................................... ....................................................................................................................................
- Setelah memahami pengertian pengukuran, berilah contoh penerapan pengukuran yang dilakukan pada kegiatan sehari – hari! ................................................................................................................................... ................................................................................................................................... ................................................................................................................................... ................................................................................................................................... ...................................................................................................................................
E. Simpulan
Berdasarkan kegiatan pengamatan dan literasi yang dilakukan:
- Apa pengertian pengukuran? ................................................................................................................................... ................................................................................................................................... ................................................................................................................................... ...................................................................................................................................
- Bagaimana menerapkan konsep pengukuran dalam kehidupan sehari – hari? ................................................................................................................................... ................................................................................................................................... ................................................................................................................................... ...................................................................................................................................
- Apa saja besaran yang dapat diukur dan yang tidak dapat diukur? ................................................................................................................................... ................................................................................................................................... ................................................................................................................................... ...................................................................................................................................
- Apa saja yang termasuk satuan baku dan tidak baku? .................................................................................................................................... ................................................................................................................................... ................................................................................................................................... ...................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar