Pages

Sabtu, 26 September 2020

Mendengar curahan hatimu

 Sabtu, 26/09/2020

Materi ceramah Ustadz Syafiq Riza Basalamah

Hal-hal yang dilakukan seorang istri untuk mendapatkan cinta Allah Subhanahu Wa Ta'ala adalah:

  1. Memperbanyak baca Alquran dan mentadabburinya
  2. Mendekatkan diri dengan memperbanyak ibadahnya terutama yang sunnah. Misalnya salat sunnah sebelum dan sesudah salat fardhu, puasa sunnah, sadokah, Ibadah sunnah yang lain. Ada hadis rasulullah yang mengatakan bahwa wanita bisa masuk surga dengan salat lima waktu, puasa Ramadan, taat pada suami, dan jaga kehormatan suami. Tetapi jika wanita tersebut selain ingin masuk surga dan juga ingin dicintai oleh Allah maka Perbanyaklah ibadah baik itu fardhu maupun sunnah.
  3. Mengingat Allah dalam setiap kondisi bukan hanya di lisan tetapi paling utama di hati. Mengingat Allah dengan Dzikrullah sesuai dengan ajaran Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Misalnya ketika ingin memasuki pasar maka perbanyak berdzikir dengan mengucapkan laa ilaha illallah wahdahula syarikalah lahul mulku walahul hamdu yuhyi wa yumit biyadihil Khoir wahuwa Khairun layamut wahuwa ala kulli syai-in Qadir. Membaca dzikir saat keluar masuk rumah, saat naik kendaraan, ataupun keadaan-keadaan lain seperti apa yang telah dicontohkan oleh Baginda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.
  4. Lebih mementingkan cinta Allah dibandingkan hawa nafsunya. Misalnya ketika duitnya sudah cukup untuk naik ke tanah suci kemudian di sisi lain hatinya ingin juga membeli mobil maka ketika dia lebih memilih untuk naik ke tanah suci maka disitulah orang tersebut akan mendapatkan cintanya Allah Subhanahu Wa Ta'ala.
  5. Mengkaji Asmaul Husna yang mulia. Bukan hanya menghafal nama-nama Allah tetapi harus tahu arti dari nama-nama tersebut.
  6. Pandanglah kebaikan kebaikan Allah pada kita jadilah orang yang bersyukur. Ketika kita mendapatkan suatu penyakit maka Lihatlah pemberian Allah yang lain misalnya Allah telah memberikan mata, jantung, dan organ-organ tubuh yang lain yang masih bisa berfungsi.
  7. Perlu tunduk bermunajat kepada Allah yang yang menunjukkan bahwa kita ini lemah dan penuh dosa.
  8. Menyendiri bersama Allah Di sepertiga malam akhir dengan meneteskan air mata. Rasulullah juga mengatakan bahwa 7 golongan yang mendapatkan naungan dari Allah salah satunya adalah mengingat Allah dalam kesendirian dan meneteskan air mata.
  9. Duduk bersama orang sholeh sholehah agar mendapatkan berkahnya. Janganlah ah kalian duduk bersama dengan orang-orang yang cinta terhadap dunia. Karena agama seseorang tergantung dari agama teman dekatnya.
  10. Menghindari dosa dosa atau perbuatan mubah yang bisa menghalangi cinta kepada Allah Azza wa Jalla. Misalnya terlalu banyak makan atau terlalu banyak hiburan sehingga menjadikan lalai untuk mengingat Allah.

Note:
Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam berpesan kepada Fatimah dan dan Ali Bin Abi Thalib bahwa amalan yang lebih baik dari seorang pembantu adalah membaca Subhanallah 33 kali, Alhamdulillah 33 kali, dan Allahu akbar 33 kali.

Modal hidup adalah waktu bukan uang jadi uang bukan segalanya.

Lagu tidaklah membuat orang bahagia Tetapi yang membuat bahagia dan nyaman adalah Dzikrullah.

Tundukkanlah pandangan kalian di muka bumi ini.

Makanan yang kita makan adalah pemisalan untuk dunia. Apapun yang kita makan, seenak apapun makanan itu, seindah apapun tampilan makanan itu maka nantinya setelah dimakan maka akan jadi kotoran. Begitulah dunia yang nantinya akan berakhir dengan kehancuran. Manusia di muka bumi ini adalah mayit yang sedang berjalan.

Dua rakaat sebelum salat subuh lebih baik dari dunia dan seluruh isinya.

2 komentar: